API (Application Programming Interface) adalah sekumpulan perintah, fungsi, danprotokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunakuntuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakanfungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi lain. -Wikipedia

API sudah banyak digunakan oleh banyak sekali programmer di dunia karena API bisa digunakan oleh Sistem Operasi dan bahasa pemograman yang berbeda.

Berikut adalah cara kerja API




Keuntungan memakai API adalah : 

Portabilitas. 

Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system call berbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.

Lebih Mudah Dimengerti. 

API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan.

Integrasi Yang Lebih Luas.

Ketika facebook membuat API, sangat membantu para developer untuk bisa mengakses Profile, Apps, bahkan bisa melakukan posting melalu aplikasi diluar facebook.


Sekarang sudah banyak bahasa pemograman yang mendukung pembuatan API itu sendiri. So buat kalian para developer, banyak cara untuk membuat API dan buat API kalian sesuai dengan bahasa pemograman yang anda mintai.


Sekian tulisan kali ini. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.

Post a Comment

Pandu Septian Gumilar

{picture#http://kekirian.com/wp-content/uploads/2015/12/10419440_814838468537519_2081836625630750537_n-150x150.jpg} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Powered by Blogger.